Monday, April 07, 2008

10 Cara Menyucikan Hati

Friends, U know, hati itu bagaikan kacamata, jika menggunakan kacamata hitam, tentu apa yang kita lihat menjadi tidak nyata, yang putih seperti gray, yang cokelat muda seperti cokelat tua. begitu juga dengan hati, jika hati kita bening Inysa Allah kita menghadapi realita ini apa adanya.
"sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta-hartamu tetapi melihat hati dan perbuatanmu".
ada 10 cara untuk menjaga hati, yaitu diantaranya :

1. Introspeksi diri
dalam bahasa arab ini disebut muhasabatun nafsi, kita pasti tahu keburukan hati kita misalkan suka iri/dengki, suka sombong, senang dipuji, malas, dll.
2.Perbaikan diri
dalam bahasa arab perbaikan diri disebut dengan taubat. alangkah rugi bila kita sudah tahu kelemahan diri kita namun kita tidak melakukan perbikan diri atau bertaubat. jadi bertaubatlah secara bertahap.
3.Tadabur alquran
hati itu bagaikan tanaman, bila tanaman perlu disiram dan dipupuk, maka obta hati adalah tadabur alquran yaitu membaca - - menghayati, memahami alquran serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.Menjaga kelangsungan amal soleh.
bila kita biasa bertahajud cobalah untuk bertahajud walaupun hanya satu rakaat, bila biasa dhuha, hajat, tahsin alquran misalkan after shalat subuh, biasa tadabur alquran, rawatib, sedekah, lakukan terus amal sholeh baik tersebut.
"Allah sangat menyukai orang-orang yang melakukan amal sholeh secara kontinue walaupun sedikit"
5. Dzikrullah
dzikir artinya mengingat, dzikurllah artinya mengingat Allah. djikir ada dua jenis yang pertama dzikir lisani seperti Subhanawllah, alhamdulillah, Allahu akbar, Laa ilaha illawllah. dzikir amali mislakan sebagai pelar kita raji dan semangat dalam belajar dan menuntut ilmu.
6.Bergaul dengan orang soleh
7. Menyayangi fakir, miskin dan yaitm.
8. mengingat mati
9. mendatangi majlis ilmu
10. Berdoa
"Ya muqalibal qullub tsabit qalbii 'ala dinika"

  © Blogger template 'External' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP