Workshop Webomania Perguruan Tinggi LemDikti YPTelkom

Beberapa perguruan tinggi dibawan LemDIkti YPTelkom telah mengadakan workshop Webomania dalam rangka membuat "Rencana Induk Penelitian TI" yang terstandarkan untuk beberapa perguruan tinggi di bawah YPTelkom yaitu (Telkom University, ITTelkom Purwokerto, ITTelkom Surabaya dan AKademi Telkom Jakarta). 

Dari hasil Workshop selama dua hari tanggal 19 – 20 Maret 2019, setidaknya dapat diambil 5 point :
  1. Potret dari masing-masing unit IT/ Sisfo dan LPPM masing-masing Perguruan tinggi di bawah LemDikti YPTelkom.
  • Akademi Telkom : sudah mempublikasikan 80 article dari kurun waktu tahun 2010 s.d 2018 (jurnal versi cetak / online di alamat ejournal.akademitelkom.ac.id) 
  • Proses online Jurnal akan beralih ke alamat ejournal.akademitelkom.ac.id/j_ict/index.php/j_ict dengan menggunakan fully online "Open Journal System" dari mulai proses registrasi, Reviewer, sampai dengan proses publishing, (sehingga diharappkan sudah dapat diakreditasi setelah menerbitkan mimimun tiga kali terbitan). Dengan Fully OJS ini, maka Author dari luar ATJ (Akademi Telkom Jakarta diharapkan sampai 65-70 %,  dan Author internal ATJ dari dalam Akademi Telkom terdiri dari 30 – 35% Author saja.
  • Unit LPPM akan membuat tiga Jurnal dalam tahun 2019 online pada tahun 2019, yaitu :
          Journal of ICT (informatics and Communication Tehnology)
          eJournalMIT (eJournal for Mahasiswa ITTelkom Jakarta)*
          Journal of Social Science (JSC)*.
  • Benchmarking ITT-P sudah memiliki 3 Journal online dan 1 Jurnal Mahasiswa*, dan eProceeding. Standar Akreditasi Jurnal Perguruan Tinggi Telkom mengacu pada Jurnal Infotel (Tahun 2020 menargetkan terakreditasi Scopus).
  • Telkom University memiliki 23 Journal online.
  • ITT-S akan membuat Jurnal online.
  • Unit Sisfo sudah dinilai cukup proforsional, meskipun masih perlu dilaksanakan Trainer of Trainer (TOT) dari Sisfo YPTelkom untuk proses PMB dan proses lain yang masih terkendala.


Akan diadakan workshop on-site di perguruan tinggi di bawah LemDikti YPTelkom (ITT-P, ITT-S, Akademi Telkom Jakarta, dan Telkom University) untuk membuat standarisasi Rencana Induk Penelitian IT. Pembuatan sistem informasi di masing-masing unit perguruan Tinggi LemDIkti YPTelkom, diapresiasi selain iGracias, dan aplikasi lain yang dibuat dari YPTelkom. Pada event ini dibahas juga, pengajuan akun online penelitian yang terpusat di YPTelkom bukan di Perpustakaan Telkom Univeristy (akun IEEE, Springer, Scopus).
Peningkatan Jabatan Akademik Dosen menjadi perhatian para direksi YPTelkom dan Dirjen Higher Education YPTelkom, maka tiap Perguruan Tinggi meminta para Dosen untuk meningkatkan Jabatan Akademi dari mulai Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala sampai Guru Besar. Program-program di Akademi  Telkom sudah dinyatakan baik tinggal diimplementasikan (Heru, YPTelkom, 2019). Rencana perubahan status menjadi ITTelkom Jakarta turut dibahas sekilas dalam acara workshop tersebut. diharapkan Perguran tinggi dibawah LemDikti YPTelkom dapat mengukuti seniornya Telkom University yang sudah meningkatkan visinya dalam kancah Internasional :).

Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search