Program Kemitraan Masyarakat - Akademi Telkom Jakarta

Bismillah.., salah satu tugas dari Tridarma Perguruan Tinggi adalah, melakukan Pengabdian pada masyarakat, selain melakukan penelitian dan pengajaran. Akademi Telkom Jakarta pada tanggal 3 september 2019 kemarin, sudah melakukan penjajakan untuk desa binaan yang berlokasi di desa Sempur, desa Anjun dan LitBang kecamatan Plered, Purwakarta, jawa barat.

Dari hasil observasi yang dilakukan, Sekdes Desa Sempur (Pak Gigin) memaparkan bahwa di desa sempur, implementasi dana desa sudah dilakukan dengan baik dan domonitoring secara berkala, salah satu implementasinya adalah warga memiliki salah satu sewa alat pesta untuk kegiatan hajaran para warganya. beberapa warga di desa sempur memiliki usaha berjualan kerupuk khas sempur yang dikenal dengan kerupuk "RO" dibaca (er-o). dari hasil Observasi dan wawancara yang dilakukan, desa sempur memerlukan Sistem Informasi Desa dan pembuatan akses WiFi di kantor pemerintahan desa sempur, untuk memudahkan dalam pemberian layanan yang lebih baik dan cepat.

Akademi Telkom Jakarta insha allah akan berkontribusi menjadikan desa Sempur, purwakarta sebagai desa binaan atau mitra untuk pembuatan Sistem Informasi Desa, Penyedian infrastruktur Wifi dan pembuatan aplikasi penjualan kerupuk RO berbasis mobile atau web based, dan selanjutnya memberikan pelatihan kepada para warga sempur tersebut.



Kerupuk RO merupakan salah satu makanan khas asal yang dibuat secara tradisional oleh warga Sempur (purwakarta) selama hampir 25 tahun. kerupuk tersebut memiliki keunikan sendiri, karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng tetapi dengan menggunakan pasir bersih yang sudah dipanaskan.

Di desa Anjun, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Desa Bapak H. Mulya, memberikan masukan upaya untuk meningkatkan teknik pemasaran secara online bagi para pengusaha UMKM pengrajin dan penjual Keramik khas Plered. keramik ini merupakan produk dari desa Anjun kecamatan Plered berupa keramik hias, kendi, guci maupun souvenir lainnya yang sudah diekspor ke manca negara salahs atunya negeri cina.
Salah satu permasalahan yang dialami para pengusaha UMKM Keramik Plered adalah, dengan adanya kemajuan jaman (dbangunnnya Jalan Tol Cipularang), pengunjung domestik dari Jakarta, purwakarta via Bandung, tidak lagi menggunakan jalur tersebut tetapi lebih memilih jalur via tol, sehingga para pengusaha UMKM mengalami kendala dalam pemasaran dan sebagian beralih profesi lain diakrenakan sepinya pembeli.

Observasi, wawancara dan perolehan data selanjutnya dilakukan di UPT LitBank Kecamatan Plered. dari hasil observasi dan wawancara diperoleh informasi bahwa LitBank Plered sudah memberikan program untu pelatihan UMKM di desa Anjun tersebut untuk para pengusaha UMKM. di sisi lain, LItbank Plered sudah menjadi acuan untuk sentra industri Keramik di Jawa Barat ini, dari hasil wawancara dengan Pak Jujun Pegawai di Litbank Pleres, beberapa perguruan tinggi sudah mengadakan kerjasama dengan pihak LitBank Plered tersebut.
Akademi Telkom Jakarta, dapat berontribusi dalam program-program yang sudah dijalankan oleh LitBank dengan pihak ketiga tetapi masih memiliki kendala. Satu diantara program yang sudah dijalankan adalah, penyedian WiFi oleh PT. Telkom Indonesia, pembuatan website oleh mahasiwa PKL dari ITHB, dalam hal ini, pihak LitBank memberikan masukan untuk dibuatkan apliaksi website atau mobile per re-seler atau pengrajin sehingga memudahkan dalam bersing di era digital ini.

Semoga bisa kita jalin  Program Kemitraan Masyarakat ini :)




Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search