Mengenal Remote Sensing untuk Riset Berbasis Satelit

Remote sensing merupakan ilmu untuk memperoleh informasi mengenai benda/objek diatas permukaan bumi dengan menggunakan alat (hand held/pesawat/satelit) tanpa menyentuh objek/benda yang menjadi target.

sensor satelit tidak mengukur paramater geofisik dari bumi secara langsung, melainkan hanya merekam pantulan (radiasi/reflektansi) gelombang elektromagnetik objek. reflektansi tergantung dari suhu, morfologi dan fisiologi objek. data pengukuran dapat berupa data spatial maupun data bukan spatial.

Lalu apa saja yang perlu diketahui untuk dapat melakukan riset menggunakan pendekatan remote sensing. di artikel ini, saya akan coba menjelaskan secara tematis langkah-langkah apa saja yang kita perlukan untuk menjalankan riset tersebut.

1. Mengenal Google Earth Pro
Kita dapat menggunakan Google Earth Pro sebagai langkah awal untuk membuat polygon dari map atau peta yang akan dibuat. kita bisa mendownload Google Earth Pro versi dekstop, berikut adalah contoh map polygon hutan kota Tebet Eco Park yang penulis capture menggunakan Googel Earth Pro:

2. Membuat kode program menggunakan Google Earth Engine

Google Earth Engine merupakan bahasa prmograman berbasis Java script. berbeda dengan bahasa pemrograman yang biasa kita gunakan yang memerelukan isntalert seperti bahasa Pascal, C++, Java, PHP, R, maupun Python, GoogleEarth Pro sudah tersedia secara online, anda hanya perlu untuk registrasi, isalhakn akses dialamar ini: https://code.earthengine.google.com/ berikut adalah tampian penulisan kode program pada Google Earth Pro:
pada tampilan gambar Google Earth Engine diatas, penulis mencoba membuat analisis suhu hutan kota Cijantung Jakarta berdasarkan time series (diteliti berdasarkan tahun yang berbeda; tahun 2015, 2019 dan tahun 2021). Penulis menggunakan Satelit Sentinel MODIS untuk mengukur suhu di Jakarta, yang saat ini memang sedang tinggi di daerah Ibukota Jakarta. pembahasan mengenasi penggunaan satelit in sha Allah akan penulis buat pada artikel selanjutnya. Inti dari luaran kode program ini adalah penulis akan mendapatkan bentuk gambar mengenai suhu diboundary hutan kota tersebut dan file GEO_TIFF yang merupakan data raster yang selanjutnya dapat diolah untuk dianalisis mengeani value dari data spatial tersebut.

Pembaca pun, dapat menyimak cara buat polygon menggunakan Google Earth Pro dan coding menggunakan Google Earth Engine yang penulis buat berbasis satelit Sentinel 2 di youtbe penulis: https://www.youtube.com/watch?v=uazBeSnvFZA&t=1407s 

Semoga bermanfaat buat pembaca sekalian :)






Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search