Sekilas Visual Basic.Net

Selamat datang di dunia .Net. saat ini microsoft mengeluarkan beberapa bahasa pemrograman yang khusus harus berjalan dalam platform frame network seperti Microsoft Visual Basic.Net, ASP.Net, C#.Net, Java dan Delphi,Net.

Frame Network yang digunakan tergantung dari Versi bahasa pemrograman yang dipakai, sebagai contoh untuk visual basic.net 2003 maka diperlukan frame network 1.1, sedangkan untuk pemakai visual basic net 2005 maka harus menggunakan framenetwork 2.0.

pada versi VBNet 2003, sistem design program dibuat sama seperti versi sebelumnya VB 6.0, tetapi konsep OOP sudah murni digunakan, aga beda halnya dengan VBNet 2005, bila kita melakukan design pada Form aplikasi maka setting otomatis seperti kesamaan antara komponen textbox, atau label akan lebih mudah dan cepat untuk dibuat.

pada Versi VBNet 2003 biasanya DBMS yang digunakan adalah SQL server 2000 selain DBMS local seperti Access, pada Visual basic.Net 2005 kita bisa menggunakan DBMS Sql Server 2005. SQL Server 2005 ini sudah hampir menyerupai DBMS Oracle.

perlu menjadi catatan, crytal report pada VS.Net 2003 sudah terdapat dalam versi CD, dan anda dapat membuat report dengan menggunakan ODBC untuk menyimpan data source yang akan digunakan untuk mengambil data dari database kedalam report. Bila anda menginstalkan VB.net 2005 Express, maka anda tidak akan mendapatkan komponen crytal report pada versi CD ini, so.. harus mengistalkan versi DVD Visual studio 2005 (yang sudah mengingcludekan crytal report didalamnya) untuk koneksi banyak cara yang bisa kita gunakan diantaranya dapat menggunakan Ado.net.

bayangkan ketika kita masih menggunakan versi sebelumnya sebelum era .Net (baca dot Net), kita harus selalu ingat menyimpan file Unit, dan Projectnya. di .Net kita tidak perlu melakukan hal-hal diatas, karena sekali save kita sudah secara otomatis tercipta file Form, Assembler dan projectnya, it's fantastic right. Saat ini sudah keluar juga Visual basic .net 2008, So ..just find to know.


Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search