How to register e-ISSN for your Journal?

Salam..rekan-rekan, saya ingin sharing, bagi rekan-rekan yang akan membuat jurnal untuk keperluan di institusi rekan-rekan bisa di Perguruan Tinngi, asosiasi keilmuan, lembaga pemeerintah atau laiinya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan bagi anda para pengelola jurnal untuk regitrasi e-ISSN, apa itu eISSN, International Strndard Serial Number merupakan id untuk jurnal yang akan kita buat, di Indonesia silahkan anda register online ke issn.lippi.go.id. Pehatikan prasarat ketika akan registrasi e-ISSN; pertama buat tim dewan redaksi dari tim jurnal anda (siapa Editor in Chief, Editor board; section editor or dulu sering disebut admin web), buat cover dan pastikan judul di cover harus sama dengan judul pada header di OJS yang akan dibuat.

OJS atau open journal system merupakan, sistem tata kelola jurnal secara online, sejak tahun 2016 ini, LIPI dan RistekDikti mensyaratkan tata kelola jurnal dilakukan secara online, karena itu tidaklah menherankan sebelum tahun 2016, pengajuan ISSN sangat mudah didapatkan, tetapi setelah tahun 2016 pengajuan e-ISSN tidak mudah diperoleh. ada 4 syarat utama yang perlu diperhatikan, ketika kita para pengelola jurnal mau mendftar untuk memperoleh e-ISSN :
  1. Pastikan susunan dewan redaksi sidah ada, pada bagian atas tuliskan dari Jurnal yang akan anda buat. mislanya "Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA)" dituliskan sebagai header yang tampil di OJS yang kita ajukan.
  2. Buat daftar isi dari (judul-judul paper) yang akan di-publish; Kita bisa memakai judul dummy sebagian, tapi pastika jurnalnya nanti terbit kurang-lebih sesuai dengan list yang ada di daftar isi, tampilkan juga judul header yang sama dari Jurnal kita; misal "Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA)" di awal list daftar isi paper.
  3. Buat Cover, pastikan cover sama dengan judul Jurnal yang akan disubmjt ke ISSN Lipi
  4. Buat OJS; pastikan anda sudah membuat alamat website/OJS dari sistem Jurnal anda, contoh alamat jurnal yang kami buat adalah: http://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/inista/
  5. Buat surat pengajuan; ada di website; http://issn.pdii.lipi.go.id/
  6. Jangan lupa untuk Register di web pdii lipi tersebut; catatan : semua upload berekas (4 point) diatas harus secara online.
 
    Ade Rahmat : Scopus ID : 57191848825

Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search