Smart Transfortation DKI Jakarta

Smart Transfortation saat ini sangat diperlukan untuk dikembangkan di berbagi kota di dunia termasuk di Indonesia. saat ini Pemerintah DKI Jakarta sudah mengimplementasikan BRT (Bus Rapid Transfortation) sejak tahun 2004 lalu. dari tahun 2018 sampai sekarang (penelitian dilakukan), PT. Transjakarta sudah mengimplementasikan ratusan Bus Transjakarta yang melayani hampir semu daerah di kota Jakarta. menarikanya, tidak hanya Busway yang berjalan di jalur khusus (istilah lain untuk penyebutan Bus TransJakarta), tetapi tersedia pula berbagai jenis busway yang berjalan dijalur umum, seperti MetroTrans dan RoyalTrans.

Metode yang dilakukan di penelitian ini adalah Qualitative Approach. interview secara implisit dilakukan kepada para customer untuk pengguna Busway Ragunan - Monas, Harmony - Kalideres. penelitian juga dilakukan dengan mewawancari pengguna JakLingko yang saat ini memilki pelanggan yang meningkat drastis di DKI Jakarta. JakLingkoa dalah angkutan kota yang bekerjasama dengn PT. Transjakarta untuk melayani setaip penumpang secara gratis atu Rp. 0,- dari tahun 2019 sampai tahun 2021 dengan hanya membeli kartu JakLigko seharga Rp. 30.000,- dengan isi salso Rp. 20.000,- yang bisa digunakan secara terintergrasi untuk Busway, Kereta Listrik dan MRT. Luaran dari Penelitian ini adalah terbentuknya datawarehouse opini customer PT Transjakarta sebagai masukan untuk para Shareholder dan Stakeholder PT TransJakarta.
Kata Kunci : Smart Transfortation, BRT, Customer's opini, DKIJakarta

Introduction:
Implementasi Smart Transfortation dengan Busway, MetroTrans, RoyalTrans, KRL, LRT dan MRT di DKI Jakarta memberikan dampak positif baik bagi perekonomian di DKI Jakarta maupun upaya untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta yang signifikan.Tarif yang diberlakukan untuk Busway adalah Rp. 2000,- diabwah jam 7 pagi, diatas jam 7 pagi dan seterusnya adalah Rp.3.500,-, tarif ini sangat murah, case : seorang pengguna busway dari dearah Ciganjur (jakarta selatan) mengahbiskan biaya Rp. 5.500,- untuk pergi ke darerah Daanmogot (jakarta barat), disisi lain seorang pengguna kendaraan pribadi atau pengguna GrabCar, sehari bisa Rp.600.000,- dari jarak (Bekasi - Kalideres).


Transjakarta luncurkan 116 bus baru. Dengan penambahan unit baru ini, maka Transjakarta memiliki 1.347 unit bus yang siap dioperasikan. Peluncuran armada baru hari ini merupakan awal dari proses penambahan unit Transjakarta baik yang yang dilakukan sendiri maupun oleh operator, yang akan terus bertambah sampai dengan tahun 2017, Secara khusus Transjakarta sudah memutuskan membeli 300 unit bus Low entry yang merupakan bagian dari pengadaan sampai dengan tahun 2017. Keistimewaan bus low entry adalah memudahkan saat naik ke bus karena memiliki lantai rendah sehingga ramah terhadap difable(TransJakarta.co.id, 2019).

Produk & Layanan TransJakarta:
Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. TransJakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (251.2 km), serta memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor, Transjakarta yang awalnya beroperasi mulai Pkl. 05.00 – Pkl. 22.00 WIB, kini beroperasi 24 jam.

Bertepatan dengan hari Kartini, 21 April 2016, Transjakarta meluncurkan 2 bus dengan desain yang khusus diperuntukkan bagi pelanggan wanita Transjakarta. Bus yang beroperasi di koridor 1 ini rencananya akan menambah armada dan juga rute operasional. Bus ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan wanita Transjakarta.

to be continued




Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search