How to write Student’s Paper based on IMRAD Concept

Webinar series #3 menghadirkan narasumber Bapak Ade Rahmat Iskandar, M.T yang merupakan Dosen Tetap di Akademi Telkom Jakarta, selain itu beliau merupakan penulis Buku-buku ilmu komputer sejak tahun 2008 lalu. Topik yang diambil adalah “How to write Student’s Paper based on IMRAD Conceptatau “bagaimana cara pembuatan paper untuk para mahassiwa untuk dipublikasikan di Jurnal dengan konsep IMRAD”.  Pengambilan topik tersebut dianggap urgent untuk disampaikan kepada para mahasiswa Akademi Telkom Jakarta angkatan 16 (atau angkatan akhir yang sedang mengerjakan Proyek Akhir).

Pada paparannya narasumber menyampaikan, pentingnya mahasiswa untuk melakukan publikasi. Di Akademi Telkom Jakarta, para mahasiswa sudah mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk paper jurnal e-MIT (eJournal Mahasiswa Akademi Telkom) yang sudah mempublikasikan 15 paper ditahun 2019 lalu. Lebih lanjut dalam paparannya narasumber menjelaskan secara sistematis mulai dari perbedaan Proceeding dan Journal dan paparan utama yaitu “Bagaimana cara membuat paper untuk mahasiswa yang akan dipublikasikan di Jurnal dengan konsep IMRAD”.

Konsep “IMRAD” merupakan kepanjangan dari Introduction, Method, Result and Discussion. Konsep IMRAD merupakan salah acuan penulisan paper yang biasanya dibuat dalam penulisan paper dalam kajian bidang ilmu teknik. Pada webinar tersebut dijelaskan dimulai dari cara pembuatan Judul Paper, penulisan Abstract dengan konsep IMR (Introduction, method dan Result). Selanjutnya dalam paparan tersebut diberikan beberapa konsep ringan dan contoh implementasi paper mahasiswa Akademi Telkom yang sudah diterbikan di Journal e-MIT Akademi Telkom Jakarta dan paper mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi yang diterbitkan di Jurnal Sinta2 dengan konsep IMRAD.

Menurut pengamatan narasumber, para mahassiwa Akademi Telkom memiliki hasil penelitian yang baik dari hasil Proyek Akhir yang dikerjakan. Beberapa topik yang di ambil para mahasiswa Akademi Telkom adalah di bidang IOT, Telekomunikasi, Antena dan Aplikasi (mobile application dan web based application), maka alangkah baiknya jika hasil penelitian tersebut di publikasikan di Jurnal sehingga memiliki nilai manfaat lebih bagi Author maupun dapat menjadi pengetahun untuk masyarakat umum.

Narasumber menganjurkan para mahasiswa akhir angkatan 16 tersebut untuk submit papernya di jurnal e-Mit di alamat http://ejournal.akademitelkom.ac.id/emit/index.php/eMit, beberapa keuntungan publikasi bagi mahasiswa adalah mendapatkan nilai 15% dari total Nilai PA, selanjutnya publikasi paper bagi mahasiswa akhir Akademi Telkom jakarta sifatnya adalah wajib sebagai salah satu syarat kelulusan (dimana pada saat sebelum kelulusan, para mahasiswa harus membuat paper dan diverifikasi oleh editor Jurnal e-MIT dan dikumpukan di perpustakaan. Pada tahun 2019 pembuatan paper masih diijinkan secara manual) tetapi mulai tahun 2020 para mahasiswa wajib mempublikasikan paper secara online. Jadi silahkan rekan-rekan mahasiswa silahkan submit papernya di jurnal e-MIT ya J.

Popular posts from this blog

Introduction to Use Case Diagram - Case study: Facebook

Kenapa tidak berkurban?

Sequential Search